4 Jenis Network Adapater pada Virtual Box

Halo.... Setelah sekian lama blog ini hanya sebagai pelengkap tugas, akhirnya saya posting mengenai hal-hal yang diluar tugas kuliah saya. pada postingan kali ini saya membahas tentang network pada virtual box sesuai dengan judul postingan ini :D

Siapa yang tidak kenal Virtual Box, Aplikasi Virtualisasi ini sangat bermanfaat bagi pekerja IT dari simulasi sistem operasi, simulasi program aplikaso, simulasi jaringan bahkan teknik virtualisasi digunakan dalam pengaplikasian server.

Bagi yang mahir dalam jaringan, ya pasti tau maksud 4 network yang ada pada virtual box, tetapi bagi yang baru mengenal virtual box dan yang baru belajar memakai software virtualisasi ini, pasti bingung dalam mengkoneksikan guest OS dengan OS laptop atau PCnya.

Nah ini saatnya yang belum tau menjadi tau :D

Pada Virtual Box terdapat 4 network yaitu :

  1. NAT (Network Address Translation)
  2. Guest OS terkoneksi ke network luar melalui NAT maya, sehingga mesin dari luar tidak bisa terkoneksi langsung dengan guestOS (tanpa Port Forwarding )
  3. Bridged Adapter
  4. Guest OS menggunakan interface yang digunakan oleh host OS. ada dua pilihan yaitu wireless adapter dan wired adapter. Guest OS dapat terkoneksilangsung ke jaringan luar begitupun sebaliknya.
  5. Internal network
  6. Jenis Network adapater ini digunakan untuk sesama Guest OS, yaitu berkomunikasi antar guest OS yang ada dan tidak bisa berkomunikasi dengan jaringan luar
  7. Host Only
  8. pada network adapater ini menggunakan driver host-only adapter yang terinstall sewaktu instalasi Virtual Box, untuk adapter jenis ini, IP di isi secara manual atau DHCP

itulah 4 jenis network adapater pada Virtual box, semoga dengan artikel ini kita lebih mengetahui penggunaan network adapter tersebut. Host OS adalah Sistem operasi yang terinstall pada mesin Guest OS adalah sistem operasi yang terinstall pada software virtualisasi virtual box.

Sumber
http://rotyyu.blogspot.com/2013/04/tipe-virtual-network-virtualbox.html
ilmujaringan.com
http://bojalinuxer.blogspot.com/2012/09/setting-network-di-virtualbox.html

Reviews:

Posting Komentar

Pembaca yang baik adalah pembaca yang merespon bacaannya...... anda bisa merespon dengan komentar anda... :D

Share to Learn © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com

Contact us

Diberdayakan oleh Blogger.