Tips Berkerja dengan Komputer
Bagi anda yang bekerja dibagian IT, game, Office dapat dipastikan anda duduk dalam waktu yang lama di depan laptop atau komputer.

Duduak didepan komputer dengan waktu yang lama tidak baik untuk kesehatan, untuk mengurangi resiko tersebut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan.


Beberapa tipsnya adalah

1. posisi telapak tangan saat mengetik


2.  posisi tubuh

3. pencahayaan sekitar


    - Usahakan menempatkan peralatan atau sumber cahaya sedemikian rupa sehingga kilau atau pantulan  cahaya pada layar tampilan dapat diminimalkan.
    - Jika ruangan yang dipakai ada jendelanya, gunakan penutup jendela yang mampu mengendalikan cahaya matahari yang masuk ke ruangan, usahakan layar tampilan menghadap ke jendela karena ini akan mengurangi kilauan pada layar.
   - Tempatkan layar tampilan sedemikian rupa sehingga kilauan yang disebabkan sumber cahaya di atas   kepala dapat dihindarkan.
  - Hindarkan menggunakan sumber cahaya yang sangat terang, khususnya yang langsung masuk di dalam bidang pandang mata.
- Gunakan cahaya tak langsung untuk menghindari adanya bintik cerah pada layar tampilan yang merupakan pantulan dari suatu sumber cahaya langsung mengenai layar tampilan. 

4. suhu dan kualitas udara

Salah satu cara mudah untuk mengatasi suhu ruagan adalah: menggunakan pengontrol suhu udara. Banyaknya panas yang disebarkan oleh peralatan merupakan salah satu parameter yang harus dipertimbangkan sebelum memasang pengontrol udara. Letak pengontrol udara harus diatur sedemikian rupa sehingga arah aliran udara yang dihasilkannya tidak mengenai langsung badan pengguna karena ada kemungkinan dapat mengganggu konsentrasi pengguna.


5. kebiasaan berkerja


Agar merasa nyaman saat bekerja, usahakan untuk selalu:
1.   Bekerja dalam keadaan sesantai mungkin dan dalam posisi yang benar. Hindarkan posisi yang dapat mengakibatkan ketidaknyamanan, bahkan cedera otot.
2.      Mengubah posisi duduk untuk mencegah keelehan otot.
3.   Berdiri dan mengambil beberapa menit untuk mengendorkan ketegangan otot dan lakukan olah raga ringan beberapa kali sehari.
4.      Mengusahakan untuk tidak mengetik dalam jangka waktu yang lama yang memberikan tekanan fifik yang berat.
5.      Mengambil istirahat sejenak secara periodik.
6.    Bagilah waktu bekerja secara bergantian sehingga pengguna tidak perlu duduk terlalu lama dan untuk menghindari datangnya kejenuhan.


semoga bermanfaaat :)

Reviews:

Posting Komentar

Pembaca yang baik adalah pembaca yang merespon bacaannya...... anda bisa merespon dengan komentar anda... :D

Share to Learn © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com

Contact us

Diberdayakan oleh Blogger.