Content Management System (CMS)
Content Management System atau biasa disebut CMS adalah sebuah aplikasi web yang berisi template untuk mengelola sebuah website secara mudah. Penggunaan CMS tidak memerlukan kepandaian Pemograman web tingkat lanjut karena dalam instalasi dan pemakaian CMS sudah User Friendly. CMS kebanyakan dibuat dengan bahasa pemograman PHP dan menggunakan database MySQL.


Ada Beberapa Jenis CMS yaitu

  1. Personal Blog Contoh Wordpress
  2. Website E-Commerce Contoh PrestaShop, OsCommerce, Opencart, Drupal.
  3. Website E-Learning Contoh Moodle
  4. Personal Web Contoh Joomla!, Mambo
  5. CMS untuk membuat web e-Forum, contohnya phpBB, MYBB,Vbulletin.
 Keuntungan Menggunakan CMS

  1. Manajemen Data 
  2. Ini merupakan fungsi utama dari CMS. Semua data/informasi baik yang telah ditampilkan ataupun belum dapat diorganisasi dan disimpan secara baik. Suatu waktu data/informasi tadi dapat dipergunakan kembali sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, CMS juga mendukung berbagai macam format data, seperti XML, HMTL, PDF, dll., indexing, fungsi pencarian, dan kontrol terhadap revisi yang dilakukan terhadap data/informasi. Untuk menggunakan CMS biasanya pengetahuan tentang bahasa pemograman tidaklah terlalu dibutuhkan, karena semua proses berjalan dengan otomatis (WYSIWYG). Begitupula dengan proses ‘update’, dapat dilakukan dengan cepat sehingga menjamin kemutakhiran informasi yang ditampilkan.
  3. Mengatur Siklus Hidup Website
  4. Banyak CMS memberikan fasilitas kepada para penggunanya untuk mengelola bagian atau isi mana saja yang akan ditampilkan, masa/waktu tampilan dan lokasi tampilan di website. Tak jarang sebelum ditampilkan, bagian atau isi yang dimaksud terlebih dahulu di-review oleh editor sehingga dijamin kevaliditasannya.
  5. Mendukung Templating dan Standarisasi
  6. Setiap halaman website yang dihasilkan berasal dari template yang telah terlebih dahulu disediakan oleh CMS. Selain dapat menjaga konsistensi dari tampilan secara keseluruhan, para penulis dan editor dapat berkonsentrasi secara penuh dalam melaksanakan tugasnya menyediakan isi website. Bila isi telah tersedia, maka proses publikasi dapat berjalan dengan mudah karena sudah ada template sebelumnya. Beberapa bagian dari website biasanya telah ditetapkan sedemikian rupa sehingga tidak dapat diubah begitu saja. Hal ini dilakukan untuk memberikan standarisasi kepada seluruh bagian dari website.
  7. Personalisasi Website
  8. Sekali sebuah isi ditempatkan ke dalam CMS, isi tersebut dapat ditampilkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari penggunanya sehingga menyebabkan proses personalisasi dapat berjalan dengan mudah.
  9. Sindikasi
  10. Sindikasi memberikan kemungkinan kepada sebuah website untuk membagi isinya kepada website-website yang lain. Format data yang didukung juga cukup variatif, mulai dari rss, rdf, xml hingga ‘backend scripting’.
  11. Akuntabilitas
  12. Oleh karena CMS mendukung alur kerja dan hak akses yang jelas kepada para penggunanya, data/informasi yang disampaikan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. Setiap penulis ataupun editor memiliki tugas masing-masing dengan hak akses yang berbeda-beda pula. Dengan demikian setiap perubahan yang terjadi di website dapat ditelusuri dan diperbaiki seperlunya dengan segera.

Manfaat CMS
CMS pada prinsipnya dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan dan dalam berbagai kondisi, seperti untuk:
a.       Mengelola website pribadi.
b.      Mengelola website perusahaan/bisnis.
c.       Portal atau website komunitas.
d.      Galeri foto, dan lain sebagainya.
e.       Forum.
f.       Aplikasi E-Commerce.
g.      Dan lain-lain.


Sumber : Kemas Yunus Antonius, www.ilmukomputer.com
http://kyantonius.com/atwork/pengantar-cms/manfaat-cms/
kentos.web.id/pengertian-content-management-system-cms/

Reviews:

Posting Komentar

Pembaca yang baik adalah pembaca yang merespon bacaannya...... anda bisa merespon dengan komentar anda... :D

Share to Learn © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com

Contact us

Diberdayakan oleh Blogger.